JUMLAH PENGGUNA FIREFOX = 1/2 PENDUDUK INDONESIA

Jumlah Pengguna Firefox = 1/2 Penduduk Indonesia

Pada salah satu posting terakhir di blognya, John Lilly, Kepala Kantor Operasi Mozilla, menulis bahwa Mozilla memperkirakan ada setidaknya 125 juta pengguna browser Firefox di seluruh dunia. Jumlah ini sama artinya dengan setengah dari jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2006. Itu sama artinya dengan peningkatan hinggal 2 kali lipat dibandingkan setahun yang lalu saat Firefox 2.0 diluncurkan.

Untuk melakukan penghitungan jumlah tersebut, Mozilla mendasarkannya dari data yang diperoleh dari Aplikasi update otomatis yang ada di browser Firefox (AUS = Application Update Service). AUS dipakai untuk menjaga agar browser selalu up-to-date dengan patch keamanan yang ada. Firefox akan melakukan ping otomatis ke server Mozilla setiap harinya untuk mengecek apakah ada update terbaru. Mozilla kemudian menghitung jumlah ping tersebut untuk memberikan informasi perkiraan jumlah orang yang menggunakan Firefox.

firefox-statistik.jpg
Gambar 01.
Angka 125 Juta didapatkan dari mengalikan jumlah rata rata Active Daily User (ADU) 42 M dengan multiplier 3 yang umumnya digunakan oleh web dalam melakukan penghitungan statistik pengguna.

Ini perhitungan kasar, tapi ini mendekati, dan kami tetap mencatat angka selama beberapa tahun, sejak rilis Firefox 1.5 (versi firefox pertama yang mengikutsertakan aplikasi AUS). Kami menyebutnya dengan Active Daily Users (User Aktif Harian), dan selalu menghitung jumlah ping yang sukses.?, jelas Lilly.

Bagi yang tertarik dengan perhitungannya silahkan kunjungi blognya disini. Terlepas dari kontroversi seputar teknik penghitungannya, tetaplah ini adalah kabar baik bagi perkembangan perangkat lunak bebas dan open source.

Sumber dari situs Ilmu Website dalam kategori news dengan judul Jumlah Pengguna Firefox = 1/2 Penduduk Indonesia



HOSTING TERBAIK


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: