JANGAN TAKUT SALAH

(Disusun oleh : Dian R. Fajar Ratih, S. Psi.)

Setiap orang tidak luput dari kesalahan, tidak ada seorangpun yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti melakukan kesalahan, baik di kantor maupun di luar kantor. Setiap kesalahan pasti ada penyebabnya, semua penyebab kesalahan dapat dicegah sebelumnya.

Dian karyawan perusahaan dibidang advertising, sebagai Customer Relation Staff. Posisinya saat ini sangat bertolak belakang dengan pengalamannya sebagai seorang akunting. Selain itu, dia belum pernah bekerja di bidang advertising. Sehingga hal ini membuat dia sedikit kesulitan dalam menyelesaikan semua pekerjaannya. Akan tetapi dia ada keinginan / berusaha untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, meskipun dia sering melakukan kesalahan. Dia tidak takut melakukan kesalahan dan ingin selalu mencoba, karena dia mempunyai prinsip dia bisa sukses dari kesalahan.

Kesalahan kerja, siapapun pasti pernah melakukan kesalahan di kantor. Misalnya salah menghubungi customer, filling data / dokumen tidak up to date, salah dalam mengirimkan email, dll. Pada dasarnya kesalahan-kesalahan yang ditimbulkan bukan karena kemampuan kita yang buruk, tetapi semua itu berawal dari kecerobohan kita. Salah sekali masih bisa dimaklumi, tetapi jangan sampai melakukannya berkali-kali. Sebelum kesalahan menghampiri, kita bisa mengantisipasinya, yaitu dengan :

Sistem kerja

Review kembali sistem kerja atau cara kerja sebelumnya apakah sudah sempurna dan masih relevan dengan kondisi pekerjaan anda saat ini. Rencanakan semua pekerjaan anda dengan sebaik mungkin, sebelum anda melakukan aktivitas rutin pekerjaan anda. Buatlah sistem kerja yang teratur dan urutan kerja yang jelas, sehingga anda dapat meminimal kesalahan pekerjaan anda.

Koordinasi

Lakukan koordinasi sebaik mungkin terkait dengan pekerjaan anda dengan atasan maupun dengan rekan kerja, apabila anda bekerja dalam satu tim dengan bagian lain. Dengan berkoordinasi masing-masing personil yang terlibat dalam kelompok dapat mengetahui dan memahami akan fungsi dan perannya masing-masing sehingga kesalahpahaman antar anggota kelompok dapat dihindari.

Konsentrasi

Tingkatkan konsentrasi, jauhkanlah pikiran-pikiran negatif yang dapat mengganggu pekerjaan anda. Supaya pikiran anda tidak terpecah-pecah dalam menyelesaikan pekerjaan anda. Karena tanpa konsentrasi akan lebih mudah melakukan kesalahan. Untuk itu, sebisa mungkin saat jam kerja fokuskan pikiran pada pekerjaan.

Tingkatkan ketrampilan & kemampuan kerja

Asah dan tingkatkan ketrampilan dan kemampuan kerja anda. Dengan ketrampilan dan kemampuan kerja yang maksimal, pekerjaan yang anda hasilkan akan lebih optimal karena anda menguasai pekerjaan anda. Sehingga berbagai kesalahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi.

Hindari stress

Bekerja dalam keadaan stress penyebab utama terjadinya kesalahan. Untuk itu selesaikan semua masalah yang menyebabkan stress. Dengan hati dan pikiran yang tenang akan memudahkan dalam menyelesaikan setiap masalah.

Perhatikan segala peraturan yang ada

Ikuti semua peraturan atau kebijakan yang ada di perusahaan. Jangan pernah melanggarnya, karena dengan sekali melanggar anda sudah melakukan kesalahan. Dengan mengikuti semua peraturan yang ada, anda akan menjadi pribadi yang disiplin dalam berkarir.

Jangan takut salah, karena dengan kesalahan bukan berarti kegagalan tetapi merupakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri, asalkan tidak terjadi berulang kali. Tetapi jika anda dapat mengantisipasi kesalahan, maka anda akan dapat bekerja dengan lebih teratur dan terarah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: